Sukses

Dampak Ukuran Kista Dermoid

18 Aug 2017, 13:31 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok. Kalo kista dermoid besarnya 10×15 itu besar banget ya? Berbahaya banget ya dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar Dampak Ukuran Kista Dermoid menggunakan fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Berapa ukuran kista Anda, apakah 10x 15 mm atau 10x15 cm ?

Berbahaya atau tidaknya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut apakah kista tersebut bersifat neoplastik(ganas) atau nonneoplastik (jinak). Namun apabila ukuran kista sudah cukup besar juga dapat berdampak pada kehamilan, seperti menyebabkan kelainan letak janin dalam rahim atau dapat menghalang-halangi masuknya kepala
kedalam panggul.

Umumnya kista dermoid yang berukuran <6 cm biasanya tidak dilakukan tindakan operasi, namun di atas ukuran itu biasanya dokter menyarankan tindakan operasi. Atau bila disertai rasa nyeri juga dokter akan menyarankan tindakan operasi. Apabila Anda disarankan oeprasi (jika kista Anda berukuran 10x15 cm) maka dampak/resiko didapat dari tindakan medis tetap ada.

Namun tindak operasi ini tidak harus dilakukan segera. Artinya Anda dapat melakukan persiapan terlebih dahulu. Namun jika terlalu lama, kami khawatir ukuran kista dapat semakin membesar atau justru malah menimbulkan nyeri yang hebat. jadi sesegera ketika Anda sudah siap kami sarankan agar melakukan tindakan operasi tersebut. Karena semakin besar tentunya akan semakin sulit dan berbahaya.

 Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan seputar Dampak Ukuran Kista Dermoid . Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar