Sukses

Cara Menyembuhkan Fisura Ani
15 Aug 2017, 23:48 WIB
Pria, 24 tahun.

permisi dok, saya ingin tanya bagaimana cara menyembuhkan dari sakit 'Fisura Ani'. terima kasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang fisura ani melalui fitur Tanya Dokter.

Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera pada daerah anus tersebut.

Penanganan fisura ani sangat bergantung dari derajat keparahannya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung. Fisura ani yang dibiarkan dan tidak cepat ditangani akan menyebabkan infeksi menyebar dan terjadi fistel (saluran infeksi yang panjang pada daerah anus). Untuk menangani nyeri karena fisura ani diperlukan pemberian obat anti nyeri yang dimasukkan dari lubang anus selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa tip berikut:

  • Tingkatkan konsumsi makanan berserat.
  • Tingkatkan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan serat harus diimbangi dengan minum cairan dalam jumlah banyak. Peningkatan asupan cairan ke dalam tubuh tanpa diikuti oleh peningkatan asupan serat tidak akan memberikan pengaruh yang bermakna mencegah dan mengatasi konstipasi yang dapat memicu kekambuhan fisura ani.
  • Menghindari konsumsi kafein, teh atau alkohol yang berlebihan.
  • Menghindari kebiasaan menunda buang air besar.

Jika nyeri atau luka terasa mengganggu sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter untuk penanganan yang optimal. Jika tidak terlalu besar maka tidak diperlukan operasi. Namun jika cukup besar dan cukup parah mungkin diperlukan tindakan operasi. 

Baca juga: 7 Solusi Sulit Buang Air Besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar fisura ani. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar