Sukses

Radang Tenggorokan
09 Aug 2017, 22:11 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok mohon bantuannya... Saya sakit tenggorokan... Untuk menelan terasa sakit.. Makan yg sedikit terasa cabai juga sakit sekali... Sudah berobat ke bidan dan diagnosa nya radang tenggorokan... Dikasih amoxicilin dan dexametasone tapi sudah saya minum obatnya selama 2 hari tapi kok belum sembuh juga ya... Rasanya tersiksa sekali... Mau dipakai bicara sama anak saja terasa sakit... Buat menelan ludah saja sakit... Efeknya ke badan jadi sakit semua... Jadi ganggu aktifitas... Mohon pencerahannya... Klo bisa ada obat yg alami tapi manjur... Terimakasih atas jawabannya... Bundawafiq pacitan

Terima kasih sudah bertanya tentang Radang Tenggorokan menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Sakit menalan kerap terjadi akibat faringitis (radang pada faring/kerongkongan) atau tonsilitis (radang amandel), atau kombinasi dari keduanya. Pada kedua kondisi ini, rasa sakit dirasakan terutama pada saat menelan dan dapat sangat menganggu. Keluhan ini juga bisa disertai dengan keluhan batuk dan pilek.

 

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.
  • Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis
  • Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.
  • Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Faringits dan tonsilitis bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Bila disebabkan oleh virus, keluhan akan menghilang sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Sedangkan bila disebabkan oleh bakteri, keluhan akan tetap ada selama bakteri tidak diatasi.

Infeksi yang terjadi akibat virus tidak membutuhkan penanganan yang spesifik. Umumnya, cukup minum air hangat, cukup tidur dan makan, serta mengkonsumsi suplemen/vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh akan mempercepat penyembuhan. Obat antiradang atau antinyeri golongan steroid (metilprednisolon) maupun OAINS (non-steroid) dapat digunakan untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan.

Infeksi yang terjadi akibat bakteri membutuhkan penanganan spesifik, yaitu dengan antibiotik. Pemilihan jenis antibiotik ditentukan oleh dokter setelah melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik sebab bakteri penyebabnya bermacam-macam. Yang paling diantisipasi adalah apabila gejalanya mengarah kepada Strep throat, radang tenggorokan yang disebabkan bakteri Streptococcus Grup A.

Saran kami, periksakan terlebih dulu keluhan Anda ini ke dokter. Perlu dilihat apakah memang ada peradangan atau tidak. Dengan demikian baru dapat ditentukan apa penyebabnya dan apa pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Radang Tenggorokan , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar