Sukses

Gejala Penyakit Ginjal

08 Aug 2017, 21:59 WIB
Pria, 38 tahun.

Selamat sore dok Perkenalkan nama saya payriene, umur 38 tahun, laki-laki, Beberapa hari yang lalu saya mengalami sakit pinggang, sakit pinggang diakibatkan jika agak lama berdiri kira2 30 menit berdiri baru mulai sakit, kalau posisi duduk tidak terasa, saya curiga ginjal saya yang bermasalah tetapi saya setiap hari minum selalu banyak, satu botol aqua 1500 ml plus 4 gelas setiap hari pasti habis, saat BAK juga normal tidak keruh, tidak sakit dan sering karena saya minum banyak, akhirnya saya memutuskan untuk urut dan minum neo remacil dan hasilnya nyeri dan rasa sakit perlahan lahan hilang, apakah kira2 ginjal saya bermasalah dok? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai gejala penyakit ginjal melalui fitur Tanya Dokter

Gejala fungsi ginjal terganggu biasanya adalah berkurangnya frekuensi berkemih, jumlah air kencing berkurang. Namun, hal tersebut terjadi bila kerusakan ginjal sudah sangat parah. Fungsi ginjal terganggu pada tahap awal biasanya tidak memberikan keluhan apa-apa. Pada kondisi lain kerusakan ginjal bisa ditandai dengan munculnya pembengkakan di bagian tubuh, misalnya kaki atau kelopak mata. Untuk mengetahui fungsi ginjal Anda juga dapat meminta untuk diperiksa laboratorium untuk menilai fungsi ginjal (seperti ureum, creatinine, urinalisis).

Masalah dipinggang Anda bisa saja hanya masalah berkaitan dengan otot atau tulang, yang sering terjadi akibat aktivitas yang melibatkan bagian tersebut. Misalnya salah posisi berolahraga, mengangkat berat, dan lain lain.

Berikut cara cara untuk menjaga kesehatan ginjal:

  1. Gula darah terkendali. Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat ginjal bekerja terlalu berat sehingga menggangu fungsi kerjanya secara umum. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal menyaring terlalu banyak darah (volume tinggi). Apabila ginjal bekerja terlalu berat, lama kelamaan performanya akan menurun dan akan terjadi kebocoran dari saringannya.
  2. Infeksi saluran kencing diatasi atau lebih baik lagi dihindari. Infeksi ditandai dnegan gejala anyang-anyangan kadang disertai demam. Infeksi saluran kencing pada umumnya terjadi akibat bakteri. Apabila infeksi ini tidak ditangani maka bakteri penyebab infeksi tersebut dapat bergerak naik ke atas dan menginfeksi ginjal sehingga menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Cara paling mudah mencegah infeksi saluran kencing adalah dengan minum air secukupnya setiap hari atau minimal 8 gelas setiap hari dan menjaga higienitas saluran kencing.
  3. No to hipertensi. Menjauhi gaya hidup tidak sehat dan tidak berolahraga, serta konsumsi garam berlebihan akan menjauhkan diri dari hipertensi
  4. Jauhi obat atau makanan atau minuman yang sifatnya sebagai “racun” ginjal. Menjaga apa yang kita makan sangat penting dalam membantu kerja ginjal supaya tetap bekerja optimal. Minuman bersoda, alkohol, dan juga beberapa minuman berenergi yang tinggi kalori dapat mempengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang.
  5. Air minum yang secukupnya. Mengkonsumsi air minum sesuai rekomendasi, yaitu 8 gelas sehari akan membantu meringankan fungsi ginjal dan juga mencegah terjadinya penumpukan mineral yang dapat berakibat pada terjadinya batu ginjal.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan seputar gejala penyakit ginjal. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar