Sukses

Bahaya Pada Gigi Anak Tidak Mau Berhenti Minum Susu Dot
08 Aug 2017, 21:00 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok mau tanya? Ank sya usianya 6th tp dia g mau berhenti minum susu d botol dot. Bgamna apkh itu bsa membhykn pertumbhn giginya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar bahaya pada gigi anak tidak mau berhenti minum susu dot melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penelitian membuktikan bahwa anak dengan kebiasaan minum susu botol mempunyai kemungkinan 1,3 kali terkena karies daripada yg tidak minum susu botol. Prosesnya begini, pada saat tidur kandungan gula dari minuman akan tersimpan dan tergenang lebih lama di dalam mulut, sehingga mengakibatkan pertumbuhan bakteri penyebab lubang pada gigi lebih subur. Ditambah pula, biasanya ketika tidur aliran air liur itu berkurang. Jadinya, genangan air minum berkandungan gula yang mudah merusak gigi itu menjadi tertahan oleh dot diantara lidah, gigi, langit-langit juga sekitar bibir.
Alhasil, kerusakan gigi yang ditimbulkan adalah gigi anak menjadi berlubang. Sindrom ini di dalam medis dikenal dengan istilah nursing bottle caries.

Biasanya gigi yang biasanya terserang pada karies botol ini adalah gigi-gigi depan atas terutama bagian depannya (labial) dan gigi geraham atas terutama pada bagian yang menghadap langit-langit (palatal).

Gigi depan bawah tidak mengalami kerusakan dikarenakan gigi-gigi tersebut terlindungi oleh lidah dan air liur.

Untuk itu kebiasan ngedot perlu dihentikan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan sebaiknya minum susu dengan dot mulai dihentikan ketika anak berusia 1 tahun, hingga berhenti sama sekali ketika anak berusia 18 bulan atau 1,5 tahun. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah;

- Anda dapat mulai menghentikan ngedot (ganti dengan menggunakan cup) saat siang hari, kemudian malam dan pagi hari. Terakhir baru pada saat tidu.
- Untuk susu saat tidur Anda bisa mulai mengencerkannya dengan memperbanyak perbandingan air secara bertahap. Dan setelah 1 atau 2 minggu botol susu hanya berisi air.]Sebelum anak tidur, Anda dapat memberikan minuman atau snack supaya ia kenyang sepanjang tidurnya. Bila Anda memberikan susu dalam botol, secara bertahap ganti dengan menggunakan cup.
- Jangan lupa untuk membersihkan giginya, bisa menggunakan kain kassa steril yg dililitkan pada telunjuk kita & dicelupkan air hangat atau menggunakan sikat gigi dari silicon khusus bayi.
- Kebiasaan minum susu botol memang sangat nyaman untuk bayi dan membantu ia tidur. Namun pada usia ini anak tidak perlu lagi makan atau minum sesuatu sepanjang malam.
- Untuk tahap awal pemberian susu botol yang telah diencerkan secara bertahap dapat dilakukan sambil bunda menggendong anak, dan ketika anak sudah tertidur baru baringkan ke tempat tidur, tanpa dot.Jangan biarkan anak tertidur dengan dot berisi susu dalam mulutnya.
- Bila tengah malam anak terbangun dan menangis Anda boleh menimang-nimang, mengusap-usap, menina bobokan atau bernyanyi kecil untuk anak, hal ini bisa membuat anak merasa nyaman dan membantunya kembali tidur, atau mengecek apakah ada keadaan lain yg menyebabkan anak merasa tidak nyaman seperti terlalu dingin, panas dll, atau diamkan sampai ia tertidur sendiri.
- Terkadang anak ingin menghisap dot bukan karena lapar melainkan hanya untuk merasa nyaman. Mungkin malam pertama agak sulit dan merupakan tantangan bagi Anda, tapi jangan putus asa, setelah beberapa malam anak akan lupa segala hal tentang botol susunya..
angan biarkan Balita anda mencari rasa nyaman dan kasih sayang dengan cara mengedot, ganti rasa nyaman tersebut dengan kasih sayang yang tulus dari orang tua.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bahaya pada gigi anak tidak mau berhenti minum susu dot, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar