Sukses

Hernia dan Kemandulan

08 Aug 2017, 10:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok..suami saya kena penyakit hernia sejak SD kelas 2 sekarang suami saya umur 21 tahun .dia tidak mau operasi karena takut. saya ingin hamil cepat dok.. memangnya hernia itu bisa menyebabkan istri sulit hamil?? tolong beri saranya dok..terimakasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai hernia dan kemandulan melalui fitur Tanya Dokter

Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan usus melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia ingunalis merupakan kasus yang sering, ditandai dengan masuknya ususnya ke rongga di selangkangan, bahkan hingga ke skrotum atau kantung zakar. 

Penyebab hernia inguinalis hingga saat ini masih belum dapat dimengerti dengan sempurna. Namun yang menjadi prinsip terjadinya hernia inguinalis adalah adanya peningkatan tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut (umumnya karena usia). Oleh karena itu, terdapat beberapa keadaan yang diyakini dapat menyebabkan terjadinya hernia, yaitu:

- Mengangkat beban yang terlalu berat
- Batuk kronis / lama (misal pada tuberkulosis paru)
- Kegemukan
- Mengedan (misal buang air besar keras, sulit buang air kecil karena pembesaran prostat, dsb
- Kehamilan
- Asites (penumpukan cairan abnormal di dalam rongga perut)
- Aktifitas fisik yang berlebihan

Penatalaksanaan hernia pada dasarnya adalah operasi dengan segera. Pada kondisi tertentu hernia bisa terjebak, dan terjepit di rongga yang biasanya dilewati. Terjepitnya usus bisa mengakibatkan terjadinya sumbatan usus bahkan sampai menurunnya aliran darah ke bagian usus, hingga usus bisa mengalami kerusakan berat hingga kematian usus. Lebih cepat dilakukan reparasi hernia, maka lebih baik.

Sebetulnya, tidak ada hubungan langsung antara hernia dengan kemandulan. Akan ada sedikit kemungkinan kemandulan terjadi terkait operasi, atau hernia menjepit seperti yang dijelaskan diatas, merusak saluran dari sperma yang lewat di rongga yang sama. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan seputar hernia dan kemandulan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar