Sukses

Benjolan di Payudara

08 Aug 2017, 07:06 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat sore dokter,maaf saya mau bertanya dok tentang benjolan di payudara ,dalam kurang lebih setahun saya mengalami benjolan di payudara tetapi yg saya rasakan pada payudara saya tidak ada perubahan baik bentuk maupun ukuran begitu juga dengan puting payudara nya,namun gejala yang saya alami pada setahun terakhir ini adalah penurunan berat badan secara drastis dan selera makan pun begitu ,selain itu saya merasakan gatal yang sangat sampai akhirnya sebagian kulit pada payudara saya berubah menjadi warna coklat akibat saya garuk. Untuk pertanyaan nya ,apakah itu sebagian gejala kanker dok/ itu mungkin pertanyaan dari saya,terima kasih ,selamat sore.

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan payudara melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan pada payudara disebabkan oleh kanker.

Benjolan(tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi , penyakit fibrokistik, dan tumor jinak (seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Untuk membedakannya perlu diketahui sejak kapan benjolan tersebut muncul?, Dimanakah tepatnya letak benjolan tersebut? Apakah ukuran benjolan tersebut tetap atau makin membesar? Apakah permukaannya licin atau berbenjol, bertepi rata atau tidak, dapat digerakkan atau melekat pada dasarnya, dan bagaimana konsistensinya apakah keras atau lunak? Apakah keluhan tersebut terdapat pada salah satu payudara atau keduanya? Apakah benjolan menetap atau hilang timbul? Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)? Bagaimana keadaan kulit di atasnya? Apakah terdapat kemerahan pada kulit payudara?

Benjolan yang banyak terdapat pada wanita muda dan remaja adalah Fibroadenoma Mamma (FAM) dan penyakit fibrokistik (mammary displasia). Kondisi ini termasuk dalam tumor jinak. Untuk membedakannya, FAM biasanya tidak dipengaruhi oleh menstruasi baik ukuran ataupun sensasi nyeri sedangkan fibrokistik akan membesar saat menstruasi. Kedua benjolan ini bisa diangkat

Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. terutama yang memiliki riwayat kanker di Payudara. Kanker ditandai dengan benjolan yang sulit keras, yang sulit digerakkan. Kanker juga bisa diraba seperti benjolan yang berdungkul-dungkul. Bila menjalar kekulit maka kanker payudara akan menarik kulit, sehingga kulit payudara terlihat kisut seperti kulit jeruk. Pada kondisi tertentu kanker payudara bisa ditandai dengan keluarnya darah melalui puting susu. Disamping gejala pada payudara itu sendiri, seperti pada kanker lainnya, kanker payudara bisa mengakibatkan nyeri dan penurunan berat badan.

Sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi Anda karena tidak melakukan pengamatan dan pemeriksaan langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan demikian Anda dapat segera mendapat penanganan yang optimal.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan Benjolan Payudara, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar