Sukses

Kehamilan dengan Tumor Rahim

08 Aug 2017, 07:05 WIB
Wanita, 37 tahun.

Saya sedang hamil 10 minggu dok.. Setelah saya cek kehamilan dan USG hasilnya saya ada kista yg menempel di sebelah kiri rahim saya dok..sudah seukuran 10 cm..sedangkan bayi saya baru 3cm besarnya tolong solusinya dok supaya saya tdk down..terimakasih seblmnya

Terima kasih sudah bertanya mengenai kehamilan dengan tumor pada rahim melalui fitur Tanya Dokter

Tumor pada rahim  paling sering merupakan fibroid, atau miom yang berasal dari otot rahim. Mempengaruhi atau tidaknya tumor pada rahim pada kehamilan Anda dipengaruhi dari ukuran tumor itu sendiri, dan lokasinya. Secara umum, ukuran tumor tidak akan membesar selama kehamilan, kalaupun membesar biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan. Umumnya juga, tidak semua miom mengakibatkan gejala yang mengganggu seperti nyeri. Nyeri sering terjadi pada kondisi miom yang memang besar. Lokasi miom sendiri harus diketahui untuk mengetahui kemungkinan dampaknya pada kehamilan Anda. Miom yang terjadi di bagian permukaan luar rahim tentu lebih aman dibandingkan miom yang tumbuh di lapisan dalam. 

Pengaruh miom terhadap kehamilan, terutama tumbuh di bagian dalam rahim, akan bisa saja mempersulit janin untuk menempel pada dinding rahim, sehingga bisa berisiko mengalamai keguguran. Pada kondisi kehamilan sudah lanjut bisa saja mengakibatkan kelainan pada penempelan plasenta. Plasenta bisa tumbuh menutupi jalan lahir, atau mengakibatkan terlepasnya plasenta dari kedudukannya. Pada kondisi kehamilan yang lebih lanjut bisa mengakibatkan abnormalitas pada letak, posisi, atau presentasi janin.

Secara umum terapi miom dilakukan sebelum kehamilan. Pada kondisi kehamilan dengan miom bisa dipertimbangkan operasi namun hanya terbatas pada kondisi yang ditandai dengan gejala yang mengganggu, seperti nyeri yang sulit teratasi dengan obat. Operasi dilakukan di trimester pertama. Operasi di kehamilan tua lebih tidak disarankan karena cenderung lebih tidak aman.

Saran kami Anda tetap semangat dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. 

Demikian jawaban kami seputar kehamilan dengan tumor pada rahim. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar