Sukses

Ukuran Penis Anak yang Normal

08 Aug 2017, 06:12 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok mau tanya, Anak saya laki2 usia 8 bulan. Kalau saya lihat, kadang2 penisnya hanya tampak kulitnya saja. Kalau saya raba penisnya ada tapi harus agak saya tekan perutnya. Tapi itu hanya kadang2 saja, saat biasa penisnya terlihat normal dengan panjang kurang lebih 2cm. Namun saat ereksi, penis terlihat normal dengan panjang kurang lebih 3cm. Apakah ini normal untuk anak seusia itu? Apakah anak saya mengalami mikro penis? Mohon jawabannya. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar ukuran penis anak melalui fitur Tanya Dokter.

Sebuah penelitian pada Asian Baby menyimpulkan bahwa jika ukuran penis lahir (0 – 3 hari) kurang dari 2,6 cm maka ada kemungkinan anak mengalami mikropenis. 

Pertumbuhan penis relatif sangat sedikit hingga anak berusia kurang lebih 5 tahun. Dan panjang seringkali tersamarkan karena kulup penis belum terbuka sempurna. 

Baca juga: Kulup Penis Anak Belum Terbuka Sempurna

Kami sarankan agar Anda memperhatikan ukuran penis anak Anda saat sedang tidak menegang dan saat menegang. Perhatikan juga kondisi fisik anak Anda, apabila ia gemuk dan terdapat banyak timbunan lemak di daerah pubisnya, maka pengukuran harus sedikit ditekan hingga ke dasar pangkal penis. Bila tidak, penis akan terlihat kecil dan pendek.

Saat ini, ukuran penis bayi Anda sepertinya masih normal. Akan tetapi, untuk memastikannya sebaiknya Anda membawanya ke dokter anak untuk dievaluasi.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar ukuran penis anak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar