Sukses

Penyebab Mengompol pada Orang Dewasa

08 Aug 2017, 05:54 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok saya mau tanya, saya ini sampai skrg kadang masih suka mengompol, bahkan beberapa hari terakhir ini makin parah dok padahal dulu sudah mulai terhenti, gimana cara nyembuhkannya ya dok ? Apa ini smacam klainan atau cuma kebiasaan,? Terimakasih

Terimakasih Anda telah bertanya tentang mengompol pada orang dewasa melalui fitur Tanya Dokter.

Mengompol atau tidak dapat menahan berkemih dalam dunia kedokteran disebut sebagai inkontinensia urin. Ada beberapa jenis inkontinensia urin, seperti tipe stress, urgency, atau overflow.

Inkontinensia urin jenis stress, yaitu keluarnya sedikit air kemih dalam jumlah sedikit atau banyak karena peningkatan tekanan intra-abdomen (perut) misalnya saat batuk, tertawa, bersin, olahraga, hamil. Peningkatan tekanan intraabdomen akan menyebabkan tekanan di kandung kemih juga meningkat. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kelemahan pada otot panggul, meskipun dapat pula terjadi pada orang normal.

Kondisi lain yang juga dapat menyebabkan inkontinensia urin, adalah:

  • gangguan otot kemih
  • gangguan saraf
  • infeksi
  • berat badan berlebihan
  • diabetes melitus
  • trauma pada perut dan panggul

Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan mungkin dibutuhkan beberapa pemeriksaan lab atau radiologi. Kami anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter urologi untuk mengetahui dan mengatasi penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mengompol pada orang dewasa. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar