Sukses

Keluar Lendir Merah Terang Sebelum Waktu Haid

08 Aug 2017, 05:17 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau bertanya, siklus haid saya biasanya di mulai tanggal 15 sampai tanggal 23 tetapi hari ini(tanggal 4) saya mengeluarkan lendir bercampur darah merah terang, perut bagian kiri bawah terasa sedikit sakit kira kira kenapa ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar gangguan haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Apakah Anda sudah pernah berhubungan intim?

Jika sudah, ada beberapa kemungkinan yang mendasari keluhan Anda saat ini.

Kemungkinan pertama Anda hamil. Jikalau siklus haid Anda teratur, sepertinya yang lalu Anda berhubungan intim di masa subur dan lendir merah terang yang saat ini muncul merupakan perdarahan implantasi, yaitu ketika embrio menempel pada dinding rahim. 

Perdarahan implantasi ini hanya berupa flek atau spotting yang berwarna merah muda atau kecoklatan, bukan merah gelap seperti darah haid. Darah ini juga tidak makin banyak, dan akan menghilang dalam hitungan jam atau hingga 2-3 hari kemudian. Perdarahan ini bisa disertai keluhan kram perut bawah.

Bila memang hamil tentu nantinya akan diikuti oleh periode telat haid dan disertai oleh gejala hamil lainnya seperti mual hingga muntah, rasa cepat lelah, sering berkemih, perut kembung, indra penciuman sensitif terhadap aroma tertentu, dan nyeri tekan pada payudara.

Untuk memastikannya, saat ini sebenarnya Anda sudah bisa melakukan testpack.

Baca juga: 

Kemungkinan kedua disebabkan oleh perdarahan di luar siklus haid atau metroragia. Biasanya terjadi ketidakseimbangan hormonal sehingga haid Anda tidak teratur. Baca juga: Metroragia dan Flek-flek di Luar Siklus Haid.

Jika flek-flek ini tak kunjung mereda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk dievaluasi penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gangguan haid. Semoga bermanfaat. (FA)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar