Sukses

Psikosomatis

07 Aug 2017, 23:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok maaf pertanyaan yg sebelumnya kepencet submit padahal saya belum selesai menjelaskan keluhan saya. Jadi saya punya keluhan dada panas sudah 3 bulan. Rasa panasnya tidak parah, namun cukup membuat saya cemas dan khawatir. Namun anehnya, kalau saya tidur rasa panas itu hilang sama sekali. Sudah ke 2x ke dokter dan ketika perut saya di check katanya baik2 aja. Saya hanya disuruh dokternya jangan stress. Karena belum sembuh juga akhirnya saya datang ke dokter gastrointernist dan ternyata sama saja, saya disuruh hindari stress dan tidak disuruh endoskopi padahal saya takut kalo panas dada itu karena GERD. Tapi memang, keluhan saya hanya sensasi panas di dada saja dan saya tidak pernah merasakan gejala lain seperti sakit perut, mual, dll. Dok saya memang parno sekali sama GERD, sejak browsing tentang GERD saya malah jadi khawatir setiap hari karena saya punya keluhan panas di dada. Tapi anehnya saya makan sambel, gorengan, soda tapi saya ga pernah merasakan ada keluhan. Apa mungkin bukan GERD yang saya derita, melainkan psikosomatis? Menurut dokter apakah saya terkena psikosomatis? Apakah psikosomatis dapat menimbulkan sensasi panas di dada? Saya sudah 3x ke dokter bahkan ke dokter gastro sekalipun namun saran mereka simple dan sama, yaitu berpikir positive dan hindari stress. Saya pernah dikasih obat PPI sama dokter gastro dan obat tersebut sama sekali tidak mengurangi keluhan panas di dada.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter untuk berkonsultasi mengenai psikosomatis.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

JIka semua keluhan fisik yang Anda rasakan tidak didukung dengan hasil yang positif pada pemeriksaan baik pemeriksaan fisik maupun penunjang maka mungkin saja yang Anda alami adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya. Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan-kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih yang Anda rasakan.

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Demikian informasi mengenai psikosomatis, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar