Sukses

Solusi Kelainan Gigi Dengan Gigitan Terbalik

07 Aug 2017, 22:58 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya mengenai gigi, jadi posisi gigi saya rahang bawah di depan dan rahang atas ada di dalam, apa ada solusinya untuk mengatasi gigi yang seperti itu dok? Apa harus di behel, terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar solusi kelainan gigi dengan gigitan terbalik melalui fitur Tanya Dokter.

Gambaran yang anda sampaikan adalah keadaan Gigitan silang di gigi depan (Cross bite anterior ), di mana gigi depan atas seharusnya berada di depan gigi depan bawah, bukan sebaliknya. Keadaan gigi seperti ini masih dapat diperbaiki dengan pemasangan kawat gigi/behel. Paling baik dilakukan pada saat perkembangan dan pertumbuhan rahang yaitu usia 13-15 tahun. Namun harus dilihat terlebih dahulu apakah gigitan terbalik disebabkan karena kelainan arah tumbuhnya gigi saja atau karena faktor kelainan rahang bawah yang lebih maju dari rahang atas. Hal ini penting untuk dilakukan karena berpengaruh dalam rencana perawatan orthodontik. Jika kelainan ini sebatas arah tumbuhnya gigi saja maka bisa diperbaiki dengan perawatan orthodontik. Namun jika kelainan terletak pada kelainan rahang, dengan perawatan orthodontik hasilnya tidak bisa maksimal.  

Perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang terbalik/tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi/gigitan gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi kelainan gigi dengan gigitan terbalik, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar