Sukses

Sering Lebam Biru, Mengapa?

07 Aug 2017, 18:01 WIB
Pria, 19 tahun.

Siang dok. Saya mau nanya. Penyebab lebam secara tiba-tiba apa dok? Padahal saya gak pernah jatuh atau terbentur tapi belakangan ini warna kulit saya jadi sering bercak kebiru-biruan di daerah tertentu seperti di betis, paha atau tangan. Cara mengatasinya gimana ya dok? Terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar sering lebam melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya perdarahan di bawah kulit atau lebam, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama petekie, dapat timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit. Petekie ini umumnya akan menghilang sendiri. Petekie dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

-akibat trauma / benturan terhadap benda keras. Terkadang dalam keadaan tidak sadar (misal tidur), seseorang sering mengalami benturan terhadap benda-benda keras disekitarnya sehingga timbul lebam pada kulit yang akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
-adanya trombositopenia (jumlah trombosit darah yang rendah) akibat adanya infeksi virus seperti pada demam berdarah
-akibat adanya kelainan darah yang lain, seperti purpura trombositopenia idiopatik, leukimia, dll

Saran kami sebaiknya konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan anamnesa lengkap dan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sering lebam. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar