Sukses

Penanganan Diare, Harus Bagaimana?

07 Aug 2017, 18:01 WIB
Pria, 48 tahun.

Dok, saya dari kemarin sudah bab sebsnyak 8 kali, dan bab menceret. Tindakan apa yg harus saya lakukan?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai diare melalui fitur Tanya Dokter.

Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Sering kali keluhan ini diesertai dengan keluhan perut melilit dan sakit. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

-virus (paling sering)
-bakteri
-infeksi parasit
-obat-obatan (kafein, alkohol)
-penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)
-laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
-pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam.

Penanganan pertama adalah Anda harus memperhatikan masukan cairan Anda, jangan sampai terjadi dehidrasi. Jika sudah beberapa hari tidak berhenti juga, maka Anda kemungkinan mengalami infeksi pada saluran pencernaan, biasanya akan diperlukan pemberian antibiotik, oleh karena itu sebaiknya Anda diperiksa dulu oleh dokter dan bisa diberikan obat yang tepat setelahnya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,
Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar