Sukses

Seputar Kejang Demam

07 Aug 2017, 18:00 WIB
Wanita, 27 tahun.

hallo dok,, saya mau tanya. teman saya punya bayi berusia 11 bulan. bayinya sering demam dan pernah sampai kejang. baru kemarin bayinya demam lg dan kejang sampai 4x dan sehari. kira2 apa penyebabnya ya dok? dan bagaimana cara pengobatannya agar tidak kejang lg di kemudian hari? ditunggu sekali jawabannya. terimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar kejang demam melalui fitur Tanya dokter.

Kejang Demam ialah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rektal >38°C) yang disebabkan oleh suatu proses ekstrakranial. Kejang demam adalah suatu kejadian pada bayi atau anak, biasanya terjadi antara umur 6 bulan dan 5 tahun. Anak yang pernah mengalami kejang tanpa demam, kemudian kejang demam kembali tidak termasuk dalam kejang demam.

Jadi kejang yang didahului demam dengan suhu rektal >38°C termasuk di dalam kategori kejang demam. Namun perlu ibu perhatikan bahwa tidak selalu dengan demam tinggi anak pasti kejang. Intinya adalah apabila anak ibu memang memiliki riwayat kejang demam, berhati-hatilah apabila anak ibu mulai mengalami demam, terutama bila suhu rektal sudah >38°C .

Penyebab kejang paling banyak pada anak usia di bawah 3 tahun adalah kejang demam. Kejang dapat menyebabkan gangguan pada otak mulai dari gangguan nutrisi ke otak, gangguan suplai oksigen ke otak, dan sebagainya. Bila terdapat gangguan yang cukup berarti pada otak maka dapat timbul gangguan mulai dari gangguan tumbuh dan kembang anak, gangguan perilaku, gangguan belajar, cacat fisik, cacat mental, hingga kematian.

Kejang yang tidak disertai demam dapat disebabkan oleh epilepsi. Untuk memastikan diagnosis epilepsi perlu dilakukan pemeriksaan EEG untuk menilai apakah terdapat fokus epilepsi pada anak Anda. Pemeriksaan EEG tersebut perlu dilakukan ketika anak Anda sedang tidak mengalami demam.

Mengatasi demam dengan cara :

-istirahatkan anak
-berikan anak minum yg banyak
-kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat untuk menurunkan demam
-pakaikan anak baju yang tipis
-berikan obat penurun demam

Kami sarankan anda membawa anak teman anda diperiksakan ke dokter spesialis anak untuk mengetahui gangguan apa saja yang terdapat pada anak teman anda dan agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi anak anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar