Sukses

Hasil Laboratorium, Normalkah?

07 Aug 2017, 15:00 WIB
Pria, 22 tahun.

Halo, selamat sore dok. Adakah suatu acuan/ pengetahuan untuk mengetahui derajat atau tingkatan abnormal suatu hasil pemeriksaan darah lengkap atau hematologi untum mengetahui tingkat abnormal suatu hasil pemeriksaan darah(bukan derajat normal)? Seperti abnormal menurun/meningkat dengan derajat ringan, sedang atau berat dari setiap komponen pemeriksaan darah (seperti haemoglobin, leukosit, MCV,dsb)? Agar saya tahu seberapa urgent kah hasil pemerikasan lab saya untuk segera menjumpai dokter dan mendiskusikan hasil abnormal tersebut berdasarkan derajatnya. - maaf menggangu dok, Terima kasih atas kesediaan waktunya.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar acuan laboratorium normal melalui fitur Tanya dokter.

Pada dasarnya untuk mengetahui diagnosis penyakit seseorang dapat diketahui dari wawancara langsung dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti laboratorium adalah pemeriksaan tambahan yang menunjang penyakit yang telah di diagnosa oleh dokter.

Ada batasan normal yang biasanya di cantumkan di sebelah nilai laboratorium. Jika nilai itu di atas atau di bawah range normal biasanya dapat berarti adanya reaksi infeksi, inflamasi, virus atau penyakit lainnya. Namun, hasil penunjang ini akan di cocokkan kembali dengan keadaan klinis si pasien.

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk mendiskusikan langsung mengenai hasil laboratorium ke dokter Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar