Sukses

Mitos Seputar Kesehatan

07 Aug 2017, 15:17 WIB
Pria, 32 tahun.

Selamat pagi dok saya ingin bertanya beberapa mitos yg pernah saya baca, antara lain : 1. benarkah waktu terbaik minum susu adalah malam hari (bukan pagi hari) 2. benarkah jika kita membuat jus sebaiknya selain mengkonsumsi sarinya juga ampasnya yg katanya menyimpan banyak serat.. misalkan ampas dari hasil blender buah apel , adakah efek samping dari konsumsi ampas tersebut misalkan usus buntu atau batu empedu 3. benarkah mengkonsumsi jintan hitam secara rutin dapat menjaga stamina tubuh dan kaya akan antioksidan 4. Buah apa yang efektif dalam menstabilkan tekanan darah?? Terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mitos kesehatan melalui fitur Tanya Dokter.

  1. Tidak, sebenarnya banyak pendapat mengenai hal ini.  Susu mengandung tinggi kalsium dan vitamin D dan vitamin D dapat diserap secara maksimal oleh tubuh apabila terkena sinar matahari. Oleh karena itu, minum susu di malam hari tidak disarankan karena penyerapan vitamin D menjadi tidak maksimal. Selain itu makanan akan lebih sulit dicerna ketika malam hari menjelang tidur. 
  2. Ampas jus dapat dimakan atau dimasukan kembali ke jus karena sama-sama mengandung nutrisi dan serat dan tidak berbahaya. Usus buntu dan batu empedu tidak disebabkan oleh ampas jus, melainkan karena infeksi dan konsumsi makannayang tinggi lemak.
  3. Biji jintan hitam memang memiliki khasiat anti oksidan dan anti radang, namun efektifitasnya masih dipertanyakan dan tidak dapat dijadikan obat. 
  4. Untuk menstabilkan tekanan darah tidak dapat menggunakan buah, kombinasi antara gaya hidup sehat (olahraga dan diet rendah garam) serta obat-obatan dapat menstabilkan tekanan darah.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mitos kesehatan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar