Sukses

Nyeri Otot Setelah Beraktifitas Berat

07 Aug 2017, 11:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dok, saya nk tanya saya nggk pernah olah raga fitnes trus saya di ajak kawn olah raga lepas olahraga ok tapi benerapa jam kmudian saya mandi dan terus tidur tiba2 di tengah malam saya terbangun karena dada saya terasa sakit dan amat sesak seperti ada yang nekan dan otot kaki pun terasa sakit,itu knapa ya dok dan bagaimana solusinya. Terimakasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri otot melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Dari cerita singkatnya, sepertinya Anda mengalami nyeri otot pasca aktifitas berat. Nyeri ini muncul karena otot mengalami spasme, atau berkontraksi secara otonom (tanpa disadari). Ini kerap terjadi pada mereka yang tidak terbiasa berolahraga atau lama tidak berolahraga kemudian langsung menjalani olahraga yang berat tanpa pemanasan yang cukup.

Kondisi ini disebabkan oleh kelelahan otot, dan juga dehidrasi akibat keringat yang terlalu banyak keluar. Keluarnya keringat membawa elektrolit-elektrolit penting seperti natrium, yang diperlukan akan otot Anda berfungsi baik. Jika terlalu banyak air dan garam yang keluar saat beraktifitas, Anda akan mengalami rasa nyeri.

Untuk saat ini, setiap bangun pagi dan sebelum tidur, sebaiknya Anda melakukan peregangan otot atau relaksasi untuk melepaskan tegangan-tegangan pada otot. Jika sedang mengalami spasme/kram, Anda dapat mengompresnya dengan handuk hangat. Bila nyeri berlanjut setelah kram menghilang, gunakan kompres es (kompres dingin. Di samping itu, tetaplah mengonsumsi air putih dan makanan dengan gizi yang seimbang.

Jika nyeri berlanjut, segera hubungi dokter. Spasme otot yang terus menerus dapat disebabkan oleh gangguan saraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri otot. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar