Sukses

Penyebab Sesak Nafas dan Dahak Sulit Keluar

07 Aug 2017, 10:49 WIB
Wanita, 38 tahun.

Salam dokter ..maaf sudah 4hari sy merasa sesak nafas..seperti mandek di tenggorokan..mulanya sy alerrgi debu trus kmarin radang tenggorokan akan tetapi seperti ada yg mengganjal di leheh...seperti ada lendir yg td mau mencair...moohon dokter...saya harus gimana takut oprasi

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab sesak nafas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Nafas terasa berat atau terasa sesak merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Sesak nafas dapat disertai maupun tidak disertai nyeri dada. Penyebabnya sangat banyak dan karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter.

Secara umum, sesak nafas dapat disebabkan oleh gangguan berikut ini:

  • Penyebab yang tidak perlu dicemaskan yaitu sindrom nyeri myofasial (terdapat titik-titik pada otot dada yang memicu rasa nyeri dan sesak nafas, cara bernafas yang salah dan kelemahan otot pernafasan, dan kecemasan. Penyebab-penyebab ini umumnya bisa sembuh sendiri.
  • Penyebab yang lebih serius dan  memerlukan perhatian yaitu bila sesak nafas terjadi akibat anemia, asma, penyakit jantung dan penyakit paru.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini:

Terkait dengan keluhan lain yaitu radang tenggorokan dan dahak yang sulit keluar, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air hangat. Anda dapat juga mengencerkan dahak dengan mengonsumsi madu ditambahkan daun mint atau lemon yang disebut dengan air hangat. 

Selain itu, perlu diperhatikan mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi banyak buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Selama mengalami radang tenggorokan, hindari makanan yang berlemak (seperti gorengan, bersantan), makanan pedas dan makanan dingin.

 

Bila keluhan-keluhan ini tak kunjung teratasi, konsultasikan dengan dokter Anda. 

Baca juga:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab sesak nafas. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar