Sukses

Mata Merah Setelah Penggunaan Softlens

07 Aug 2017, 09:30 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat malam Dok Saya mau menanyakan Saya waktu itu menggunakan softlens yg berdiameter 14,2 warna brown Saya suka memakainya karena membuat mata saya terlihat lebih besar karena saya mempunyai mata yang sipit Saya mau nanya nih kenapa ya saat saya menggunakan softlensnya pertama kali saya beli mata saya baik baik saja Saat penggunaan kedua-keempat mata saya gak msalah memang saat mnggunakan softlensnya tapi saat bangun tidur mata saya merah di bagian putih mata terus mata saya belekannya banyak banget tapi gak ada perih sama sekali cuma ya jadi merah dan belekan Saya takut si jadi saya gak pakai softlens sudah beberapa hari Saya biarkan mata saya berhari hari tanpa saya kasih obat tetes mata dan mata sembuh tidak merah lagi Tapi saya masih takut Apakah kira kira saya masih boleh menggunakan softlens lagi? Kalau masih boleh apa solusinya ya dok? kenapa mata saya bisa seperti itu ya dok? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com tentang Mata Merah Setelah Penggunaan Softlens.

Pemakaian softlens dapat membuat mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh mata yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan untuk meneteskan cairan pelembab khusus untuk softlens secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Namun jika mata merah dan perih tersebut disertai dengan penglihatan yang kabur dan banyak terdapat kotoran mata, kemungkinan bisa juga diakibatkan oleh infeksi. Hal tersebut dapat disebabkan karena penanganan softlens yang kurang bersih, atau terlalu lama memakai softlens dalam sehari. Jika keluhan semakin berat, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter mata.

Baca juga: Ingin Aman Gunakan Lensa Kontak? Ini Caranya

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar