Sukses

Nyeri Saat BAK

07 Aug 2017, 09:30 WIB
Wanita, 40 tahun.

Apa yg terjadi jika rasa perih&skit saat buang air kecil sudah menahun jk tidak di obati.apa yg harus saya lakukan dok.saya sudah menopouse

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter KlikDokter tentang Nyeri Saat BAK.

Dari keluhan yang Anda sampaikan, terdapat kemungkinan keluhan yang Anda alami mengarah ke infeksi saluran kemih. Namun tetap kami tekankan, untuk menegakkan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan urin, karena forum ini bukanlah forum diagnosis namun edukasi.

Infeksi saluran kemih (ISK) menyebabkan keluhan sering buang air kecil, nyeri, BAK sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), nyeri pada bagian perut bawah, yang dapat disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. ISK dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi ISK adalah minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat. ISK lebih mudah terjadi pada wanita, dan dapat disebabkan oleh beberapa jenis kuman.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk tatalaksana yang optimal. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • Konsumsi air mineral dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)
  • Hindari kebiasaan menahan kemih
  • Jaga kebersihan daerah kemaluan

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar