Sukses

Penyebab Benjolan Payudara

07 Aug 2017, 09:35 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter saya mw bertanya, sya punya bejolan di payudar kiri bagian kanan atas dok, sudh perna konsul ke Dr.umum katanya, tu tdk apa" kira-kira menurut dokre bgmna?? Saya takut dok... Saya mengetahui ada benjolan sudh dari tahun yang lalu.... Bejolannya tdk nyeri, tapi kalw lagi kepikiran, cemas, sperti terasa nyeri gitu dok, mohon jwbnya.trimksih dok

Terima kasih telah menggunakan penyebab benjolan payudara layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

Permukaannya: licin atau berbenjol

Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

Bagaimana keadaan kulit di atasnya

Apakah ada nyeri

Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara Anda, oleh karena itu kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter spesialis bedah untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat untuk Anda baca:

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar