Sukses

Penanganan Sakit Maag

07 Aug 2017, 08:49 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, mau nanya. Apakah penyakit maag itu bs diketahui tanpa diperiksa oleh dokter. Contohnya kan perut tiba tiba sakit karna telat makan. Apakah itu bs dikatakan penyakit maag atau bukan? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan sakit maag menggunakan layanan e-konsultasi KlikDOkter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa gejala sakit maag, seperti mual, nyeri ulu hati, dan perut terasa kembung. Untuk memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh seorang dokter. Obat untuk menangani sakit maag ada beragam jenisnya, mulai dari yang langsung menetralisir asam lambung yang sudah terbentuk hingga yang perperan pada 'pabrik' pembentuk asam lambung itu sendiri. Jenis mana yang paling sesuai untuk dikonsumsi tentu bergantung dari kondisi masing- masing orang. Untuk pengelolaan maag akut yang terjadi tiba- tiba, jenis obat yang berisi antasida, hidrotalcyde dan sejenisnya mungkin akan efektif diberikan. Akantetapi pada maag yang bersifat kronis diperlukan pengelolaan asam lambung langsung di 'pabrik'nya dengan pernambahan obat seperti omeprazole, lansoprazole.

Walaupun penggunaan obat secara rutin sudah dilakukan, bila pola makan tidak dijaga, maka sakit maag bisa timbul kembali. Untuk mencegah maag kambuh kembali, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

Hindari makan makanan yang terlalu pedas dan asam karena akan memicu produksi asam lambung yang berlebih
Biasakan makan dengan jadwal yang teratur, makan sedikit- sedikit tapi sering
Hindari stress, hentikan kebiasaan merokok dan minum- minuman beralkohol
Batasi konsumsi teh dan kopi
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar