Sukses

Penyebab Sering Batuk dan Pilek

06 Aug 2017, 23:18 WIB
Wanita, 26 tahun.

Kenapa ya dok saya sering sakit batuk pilek panas. setiap sakit selalu komplit seperti itu. dan disertai sesak di dada dok.sulit bernafas.. Sewaktu kecil dulu saya punya radang paru2 dok..tetapi sudah sembuh.. apakah itu efek dari sakit kecil saya dok..tiap sakit batuk pilek panas mesti dada sesak.. dan kadang sakit batuk pilek panas itu datang 1 bulan sekali.. mohon informasinya ya dok...terimakasih....

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang penyebab sering batuk dan pilek menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk dan pilek terus menerus, mengarahkan pada kemungkinan terjadinya alergi. Terutama bila batuk dan bersin sering terjadi pada pagi atau malam hari, saat udara dingin, saat terkena debu, dan bila disertai hidung dan mata gatal. Adakah gejala tersebut pada teman Anda? Sebab bila Ya, kemungkinan besar terdapat alergi pada teman Anda, misalnya rhinitis alergi atau asma. Hal ini harus dipastikan lewat pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat teman Anda menjadi sering batuk dan pilek, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat teman Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb

Bersin-bersin pada pagi hari sering terjadi pada penderita rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer.

Sedangkan penyakit paru-paru biasanya tidak memiliki gejala pilek terus menerus. Saran dari kami adalah teman Anda memeriksakan diri ke dokter umum, atau dapat pula ke dokter spesialis THT, agar dilakukan wawancara yang mendalam dan pemeriksaan fisik yang tepat. Bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan rontgen dada untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit paru-paru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar