Sukses

Tumbuh Kembang Bayi 8 Bulan

07 Aug 2017, 06:30 WIB
Pria, 25 tahun.

Malam dok Saya ibu dari seorang anak laki"yg berusia 8 Bulan Gini dok saya mau tanya anak saya usia 8 Bulan tapi belum bisa merangkak dok Tetapi untuk berbicara dan meraih /menggenggam barang dia sudah bisa dok Tindakan apakah yg harus saya lakukan untuk perkembangan anak saya di usianya 8 bulan dok Atas perhatiannya, saya ucapkan terima Kasih dok

Terimakasih telah bertanya tentang perkembangan bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Dari cerita Anda, tumbuh kembang bayi Anda yang berusia 8 bulan masih dianggap normal. Meski ia belum bisa merangkak, namun tumbuh kembangnya di aspek lain normal. Apakah bayi Anda sudah mulai belajar duduk sendiri?

Secara umum, berikut adalah tahapan perkembangan anak usia 6-12 bulan:

  • Pada bulan keenam, bayi senang berceloteh, dan tangannya semakin mahir dalam menggenggam benda-benda disekitarnya. 
  • Bulan ke tujuh, sang bayi mulai belajar untuk merangkak. Sang bayi juga mulai dapat memberikan respon ekspresi dan emosi orang lain. 
  • Bulan ke delapan, bayi mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. 
  • Bulan ke sembilan, bayi mulai mencoba merangkak, mencengkeram benda dan kadang bisa merasa gelisah jika berada di tengah orang asing. Ajarilah anak untuk menyebut perkataan yang mudah seperti ‘mama’ dan ‘papa’ untuk merangsang kemahirannya bercakap. 
  • Bulan ke sepuluh, bayi mulai dapat berdiri, menyusun dan mengatur mainan. Bayi juga mulai dapat melambaikan tangan. Bayi juga mulai mengerti hubungan sebab akibat seperti, “Jika aku menangis, maka ibu akan datang”. 
  • Bulan ke sebelas, sang bayi mulai dapat berjalan dengan bantuan benda disekitarnya. Bayi juga sudah dapat mengucapkan kata ‘papa’, ‘mama’. 
  • Bulan ke dua belas, bayi sudah dapat berdiri tanpa berpegangan, sudah dapat mengucapkan dua-tiga kata, dan menirukan beberapa gerakan yang sering Anda lakukan.

Patokan ini tidak bersifat saklek, dalam arti bisa terdapat variasi yaitu muncul lebih cepat atau lebih lambat. Yang penting secara keseluruhan perkembangan anak Anda dari berbagai aspek baik.

Tetapi, ada baiknya bayi Anda dilatih merangkak sebab dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak yang melalui fase merangkak pada waktu bayi memiliki kemampuan motorik dan perkembangan yang lebih baik secara keseluruhan. Baca juga: Pentingnya Fase Merangkak bagi Perkembangan Bayi.

Untuk melatihnya merangkak, Anda dapat memulainya dengan meletakkan bayi di atas permukaan datar yang luas (lantai/karpet/tikar). Kemudian taruh sebuah mainan atau benda yang menarik bayi di luar jangkauannya agar ia mau merangkak ke arah benda tersebut. Lakukan ini sesering mungkin di kala bayi sedang aktif.

Selain melakukan stimulasi seperti di atas, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak sehingga jika memang ditemukan adanya keterlambatan perkembangan dapat ditangani sejak dini.

 

Kami sertakan pula artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar perkembangan bayi. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar