Sukses

Suplemen Mata dan Kelainan Refraksi

07 Aug 2017, 06:30 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, mata saya minus dan sudah beberapa tahun belakangan ini saya rutin mengkonsumsi suplemen mata . Apakah ada efek samping kedepannya ya dok ? Selama ini saya mengkonsumsi emang tidak ada terjadi masalah berarti dok tetapi minus mata saya tetap tidak naik atau berkurang minusnya.

Terimakasih telah bertanya seputar suplemen mata melalui fitur Tanya Dokter.

Suplemen mata biasanya mengandung Vitamin A atau Lutein atau vitamin lainnya yang terkait dengan maksud meningkatkan ketajaman penglihatan. Akan tetapi, suplemen ini menyasar sel-sel retina (sel batang dan sel kerucut) dan bukan dengan sistem optiknya.

Sedangkan pada kelainan rekfraksi seperti miopia (mata minus/rabun jauh), hipermetropia (mata plus/rabun dekat), atau astigmatisme (mata silindris), gangguannya terjadi pada sistem optiknya. Dengan demikian, konsumsi suplemen mata tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kelainan ini. Tetapi, jika Anda tetap ingin mengonsumsinya boleh-boleh saja asal dalam dosis yang wajar.

Pada kasus Anda, yaitu mata minus, sistem optik terlalu 'kuat' dalam membiaskan cahaya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Ini terjadi karena kornea, lensa mata terlalu cembung, atau bola mata terlalu panjang.

Pertambahan ukuran mata minus dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Kecepatan pertambahannya juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Satu-satunya cara untuk mengurangi minus secara permanen adalah melalui pembedahan metode LASIK atau ReLEx SMILE. Sedangkan untuk mencegahnya bertambah, dapat dilakukan cara-cara berikut:

  • Mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup
  • Mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: 9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar suplemen mata. Semoga bermanfaat. (FA)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar