Sukses

Apakah Anak Gagal Tumbuh?

07 Aug 2017, 05:37 WIB
Wanita, 28 tahun.

Halo Dok, sy mau tanya tentang anak sy umur 13bulam.. BB 7,4kg tinggi 70cm (kecil sekali untuk ukuran anak seusianya) Semenjak mulai Mpasi anak sy susah sekali makan (sekali nya mau makan porsi yg dimakan hanya sedikit) hanya mau ASI saja dan BB naik nya irit, berat lahir 3,1kg yg sy ingin tanyakan apakah anak sy ada termasuk gagal tumbuh ? Apa yg harus sy lakukan Dok? Terimakasih sebelumnya..

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan si buah hati.

Status gizi anak Anda usia 13 bulan, BB 7,4 kg dan TB 70 cm, berdasarkan kurva WHO adalah sebagai berikut:

  • Jika anak laki-laki: berada di antara garis merah dan kuning, tergolong gizi kurang cenderung buruk
  • Jika anak perempuan: berada di garis kuning, tergolong gizi kurang

Bagaimana dengan riwayat peningkatan berat badan anak Anda sebelumnya? Apakah baik kemudian tiba-tiba berhenti dan tidak naik?

Anak Anda memang mungkin masuk dalam kondisi gagal tumbuh atau failure to thrive, yang menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) adalah suatu kondisi pada anak yang ditandai oleh kenaikan berat badan yang tidak sesuai, berat badan yang tidak naik, atau bahkan turun dibandingkan pengukuran sebelumnya berdasarkan grafik pertumbuhan.

Gagal tumbuh tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan tanda dari penyakit yang perlu dicari penyebabnya. Penyebabnya bisa berupa faktor organik (kondisi medis anak) atau non-organik (lingkungan, sosial). Penyebab gagal tumbuh juga bisa dibedakan menjadi jumlah dan kualitas asupan kalori yang tidak sesuai, penyerapan kalori yang tidak sempurna, hingga kebutuhan kalori yang meningkat dalam kondisi medis tertentu.

Untuk itu, kami sarankan agar Anda segera membawa si kecil ke dokter spesialis anak. Lebih baik lagi ke dokter spesialia anak konsultan tumbuh kembang untuk dievaluasi secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar