Sukses

Penyebab Haid Berkepanjangan dan Tidak Teratur

07 Aug 2017, 05:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau konsultasi mengenai haid saya yang kurang lancar dr pertama kali haid. Saya belum menikah dan belum pernah melalukan hubungan seks sebelumnya. Haid saya kurang teratur, dlm setahun terakhir ini haid saya aneh. Saya haid smpe 1 bulan, 3 hari berhenti dtg lagi smpe 1 bulan baru berhenti. Karena kejadian tsb saya cek ke dokter katany gangguan hormon. Ud pernah terapi hormon selama 3 bulan dan haidnya lancar namun pas tidak mengkonsumsi obt tsb haid saya jadi tidak lancar lagi. Pas haid saya tidak mengalami nyeri ataupun senggugutan. Biasanya saya dlm sehari hny mengganti 2 pembalut sajaa. Ituu kira2 kenapa ya dok ? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang gangguan haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Haid tidak teratur, yang kemudian bila terjadi haid, perdarahannya dalam waktu lama (lebih dari 7 hari), bisa terjadi karena siklus tidak berovulasi (sel telur tidak pecah). Kekurangan hormon progesteron menyebabkan hal ini. Ketika terjadi menstruasi, langsung banyak dan panjang (durasi lama).

Untuk mengatasi hal ini, dokter kandungan biasanya memberikan progestin (preparat progesteron) seperti yang Anda sebutkan, selama 7-10 hari. Setelah 10 hari, seharusnya dievaluasi kembali penyebab haid tidak teraturnya. Umumnya dilakukan USG transvaginal untuk dilihat dinding rahim dan indung telurnya. Pada wanita yang belum menikah, USG transvaginal diganti dengan USG transrektal.

Saran kami saat ini, sebaiknya periksakan ke dokter kandungan kembali untuk dilakukan pemeriksaan USG transvaginal/transrektal.

Pemberian preparat progestin memang tidak untuk jangka panjang, sehingga perlu dievaluasi ulang penggunaannya.

Di samping itu, perlu dicari apa penyebab haid Anda tidak lancar, apa murni karena ketidakseimbangan hormonal atau ada kelainan organik atau yang lainnya.

Baca juga: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gangguan haid. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar