Sukses

Efek Samping Pelancar Haid

07 Aug 2017, 04:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya setelah saya minum regumen saya agak pusing sama kesulitan tidur. Apa saya harus berhenti konsumsi regumen apa cuman efek saja yang ditimbulkan obatnya dok? Biasanya haid keluar setelah minum regumen berapa hari?

Terimakasih telah bertanya seputar obat pelancar haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Yang Anda konsumsi adalah norethisterone, obat yang kerap diberikan sebagai pelancar haid.

Yang Anda alami yaitu sakit kepala dan gangguan tidur merupakan efek samping norethisterone.

Efek samping lain yang lebih berbahaya yaitu bengkak pada wajah, kesulitan bernafas, trombosis (sumbatan darah di kaki atau paru-paru), gangguan hati sehingga kulit menjadi kuning, migrain, dan peningkatan tekanan darah sehingga sakit kepala terjadi terus menerus. 

Efek samping lain dapat berupa jerawat, sakit lambung, gatal-gatal, kelainan kulit, pembengkakan tungkai bawah, gula darah tinggi, gangguan penglihatan, dan demam.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang memberikan obat untuk dlihat apa benar ini merupakan efek samping dari norethisterone. Sebaiknya tekanan darah Anda diukur terlebih dulu.

Jika memang yang dialami adalah efek samping norethisterone, penggunaannya harus segera dihentikan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Di samping itu, obat ini tidak dimaksudkan untuk konsumsi jangka panjang. Yang terpenting adalah mencari penyebab haid yang tidak lancar atau tidak teratur jika sering terjadi.

Artikel berikut mungkin dapat membantu Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar obat pelancar haid. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar