Sukses

Seputar Operasi Bintitan dan Kalazion

07 Aug 2017, 04:29 WIB
Pria, 16 tahun.

dok saya mau tanya. apakah operasi kalazion itu sakit dok? dan bagaimana cara mengatasi rasa sakit pasca operasi nanti?

Terima kasih telah bertanya seputar operasi kalazion melalui fitur Tanya Dokter.

 

Kami memahami kondisi Anda.

Kalazion adalah bentuk lanjut dari bintitan (hordeolum). Bila hordeolum bisa diobati dengan salap antibiotik, kalazion harus dibuang dengan cara bedah lokal (bedah singkat dengan bius lokal). Pemberian obat tidak dapat menghilangkan kalazion, untuk itu memang dibutuhkan pembuangan secara bedah lokal. 

Operasi kalazion merupakan prosedur rawat jalan. Sebelum dibedah, dokter mata akan menyuntikkan obat anestesi lokal agar Anda tidak merasa sakit ketika kalazion diangkat. Waktu pemulihan pasca operasi umumnya sangat singkat. Obat antinyeri seperti ibuprofen atau asam mefenamat sudah cukup untuk mengatasi rasa tidak nyaman atau nyeri yang ditimbulkan. Anda juga akan diberikan antibiotik agar terhindari dari infeksi. Bila perlu, dokter mata juga akan meresepkan obat tetes mata atau salap yang mengandung steroid untuk mengurangi bengkak yang terjadi.

Yang terpenting, selalu ikuti anjuran dokter bagaimana cara merawat bekas operasi, serta seberapa sering dan seberapa lama Anda harus menggunakan obat-obatan pasca operasi. Anda juga dapat melakukan kompres dingin pada mata untuk mengurangi pembengkakan. Pastikan pula kebersihan mata Anda terjaga dan hindari penggunaan lensa kontak selama 1 minggu. Cara-cara ini akan membuat Anda terhindari dari infeksi.

Pada umumnya, operasi pengangkatan kalazion sangat aman dan jarang sekali menimbulkan komplikasi.

Semoga operasi Anda berjalan lancar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar operasi kalazion. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar