Sukses

Gagal Mencabut Gigi Anak Dirumah

07 Aug 2017, 00:05 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok sy mau tanya, anak sy 7th gigi susu dpn goyang, krna goyang sy paksa cabut sendiri tp gagal. Skrg anak sy sakit giginya dan pipi kanan bengkak, dekat telinganya jg bengkak sakit, bdn panas, apa penyebabnya dok? Apakah ini terkena saraf? Apa yg hrs sy lakukan? Klo terkena saraf dampak nya apa dok? Terima kasih wasalam

Terimakasih telah bertanya seputar gagal mencabut gigi anak dirumah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa Anda dapat melakukan pencabutan gigi anda dirumah jika gigi anak sudah goyah dan anak siap untuk dicabut. Pertama pastikan gigi anak sudah goyang ke depan ke belakang dan sisi-sisinya. Anda bisa menyuruh anak untuk mendorongnya atau anda lakukan dengan tangan, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu. Jika belum goyang ke setiap sisi maka gigi terlalu dini untuk dicabut. Tanyakan ke anak apakah sakit. Jika masih sakit dan juga berdarah maka gigi terlalu dini untuk dicabut, tunda beberapa hari lagi. Tanyakan apakah anak ingin mencabut giginya sendiri atau ingin bantuan anda. Lalu cuci tangan dan pakai sarung tangan steril jika ada akan lebih baik. Pastikan anak rileks dan tenang, seka air ludah disekitar gigi dengan kapas atau tissue, agar tidak licin saat memegang gigi. Anda bisa siapkan es batu untuk ditempelkan pada gusi di sekitar gigi untuk memberikan efek kebas sementara. Ambil kain kasa steril pegang gigi diantara ibu jari dan telunjuk lalu cabut gigi tersebut dengan kuat bisa ditambah dengan gerakan memutar, lakukan dengan cepat. Anda juga bisa menggunakan benang gigi yang diikatkan pada gigi anak. Jika gigi belum berhasil tercabut maka jangan lanjutkan, coba lagi beberapa kemudian. Lalu suruh anak untuk gigit kain kasa selama 10 menit untuk menghentikan perdarahan. Bila anak sudah bisa berkumur, maka bisa diberi larutan air garam hangat selama 30 detik untuk mencegah infeksi. Berikan es krim atau minuman dingin sebagai reward untuk anak anda.

Jika timbul gejala bengkak, sakit , dan panas maka dugaan kami telah terjadi suatu peradangan atau bahkan infeksi, sehingga diperlukan pengobatan untuk menyembuhkannya. Kami sarankan untuk memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan resep pengobatan yang tepat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gagal mencabut gigi anak dirumah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar