Sukses

Sakit Perut Saat Buang Air Kecil

06 Aug 2017, 21:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ass.wr.wb..saya tiara dok ingin bertanya, mengapa jika saya saat buang air kecil rahim saya terasa nyeri. Mohon penjelasannya.terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri saat buang air kecil menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhannya adalah buang air kecil dan nyeri pada rahim.  Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan? Apakah termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? 

Buang air kecil yang disertai nyeri , dapat disebabkan oleh beberapa hal:

1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.

2. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.

3. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.


Untuk rasa nyeri perut yang dirasakan, bagaimana sifat rasa sakit yang Anda rasakan? Apakah nyeri tumpul, nyeri tajam, berdenyut? Apakah rasa sakit menjalar ke daerah pinggang, ataukah rasa sakit di pinggang berbeda dengan rasa sait di bawah pusar? Kapan saja rasa sakit muncul? Apakah sudah mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit? Bagaimana hasilnya? Apakah ada keluhan dengan buang air besar dan buang air kecil?

Diperlukan lebih banyak informasi untuk digali untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Kemungkinan keluhan Anda melibatkan saluran cerna atau saluran kemih. Diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Untuk mengetahui penyebab keluhan, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, pacar Anda mengunjungi dokter spesialis urologi atau dokter spesialis kebidanan untuk evaluasi menyeluruh segera agar dapat memperoleh penanganan tepat segera.

Setelah diketahui penyebab dari keluhan, pacar Anda dapat mendiskusikan dengan dokter , pilihan penanganan yang paling sesuai.

Semoga keluhan pacar Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar