Sukses

Batuk Tak Kunjung Sembuh

06 Aug 2017, 12:29 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Semenjak bulan puasa kemaren saya batuk berdahak dong, terlebih ketika malam kadang batuk ini mengganggu sehingga menggangu tidur saya. Tapi ketika saya berobat ke puskesmas dan diberi obat, batuk itu hilang. Tidak lama sudah itu muncul lagi, sampai sekarang seperti itu. Kemarin saya juga sudah menemui dokter umum, kata beliau saya baik2 saja, paru2 baik dan aman. Akhirnya saya diberi anti biotik dan batuk itu prlahan2 berkurang. Tapi sampai saat ini batuk saya masih ada disertai sakiy tenggorokan yang tidak hilang dari awal bulan puasa. Setiap pagi tenggorokan saya gatal rasanya. Batuk saya memang sudah berkurang tetapi sakit tenggorokan saya tidak kunjung hilang. Itu kenapa ya dok? Saya kelas 3SMA skrng dan hal ini sangat menggangu. Saya bingung harus ke dokter mana lagi agar penyakit saya ini bisa tuntas sembuhnya. Saya memang punya alergi asma. Apakah ciri2 batuk saya adalah ciri2 Tbc? Tapi kata dokter waktu itu paru2 saya sehat. Bagaimana ya dok? Terimkasih..

Terima kasih telah bertanya tentang batuk tak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter.

Batuk berdahak yang sudah lebih dari 2 minggu (apalagi dalam hal ini sudah 2 bulan) perlu mendapat perhatian khusus.

Ada dua hal yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu infeksi TBC (tuberkulosis), atau disebut juga flek paru dalam bahasa awam, atau batuk alergi.

Pada tuberkulosis, selain batuk berdahak yang lama, disertai pula dengan gejala berat badan menurun, keringat pada malam hari, badan menjadi lebih lemas. Pada alergi, batuk tersebut umumnya terjadi pada malam hari, umumnya di kamar tidur, atau jika terjadi pencetus.

Untuk mengetahuinya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dan jika dibutuhkan, dapat pula dilakukan pemeriksaan laboratorium darah, dahak, atau radiologi dada.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai batuk tak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar