Sukses

Abses Pada Anus

06 Aug 2017, 12:29 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, saya tahun kmren terkena abses perianal- abses sekitar anus, hingga deman tinggi. Alhamdulillah sudah di Operasi. Dan sekarang, ada gejala kalo abses itu muncul lagi, tetapi lokasinya berbeda. Hanya berdekatan dengan abses yang saya alami tahun lalu, dan benjolan nya masih kecil, gejala demam juga tidak saya alami. Yang ingin saya tanyakan. 1. apakah benar jika abses itu bisa kambuh lagi. 2. apakah tindakan operasi menunggu hingga abses benar-benar matang? 3. adakah tindakan lain selain operasi misalnya dengan obat. 4. apakah aman melakukan operasi berdekatan dengan bekas operasi terdahulu.

Terima Kasih sudah bertanya seputar abses pada anus melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Abses pada anus adalah salah satu kondisi yang sering diakibatkan infeksi terutama pada kelenjar kelenjar yang ada di sekitar anus. sensasi yang ditimbulkan adalah nyeri hebat sekitar anus disertai gejala infeksi lainnya. abses sendiri adalah kumpulan dari pus/nanah akibat aktivitas oertahanan tubuh tehadap kuman.

penyebab timbulnya abses diantaranya selain infeksi adalah penyakit menular seksual dan sumbatan kelenjar sekitar anus. beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan abses diantaranya;

- Colitis
- Inflammatory bowel disease diantaranya Crohn's disease atau ulcerative colitis
- Diabetes Mellitus
- Diverticulitis
- Pelvic inflammatory disease
- hubungan seeksual dengan anal
- penggunaan steroid

biasanya untuk mengetahui abses anal perlu dilakukan pemeriksaan colok dubur. pada beberapa kasus perlu juga dilakukan pemeriksaan penyaring dan pemeriksaan penunjang untuk penyakit menular seksual. sangat jarang diperlukan pemeriksaan CT scan ataupun MRI.

penatalaksanaan abses anal biasanya pada kondisi ringan dapat dibersihkan oleh dokter tanpa anestesi khusus namun, apabila ebses yang timbul sudah luas maka, sebaiknya dilakukan dengan dokter anestesi dan bedah. setelah itu, dokter biasanya akan memberikan antinyeri dan untuk beberapa kasus dengan penurunan daya tahan tubuh perlu diberikan antibiotik.

Selama Anda masih memiliki faktor risiko timbulnya abses, maka abses tersebut bisa berulang. Dan menjawab pertanyaan Anda apakah abses persebut perlu operasi atau tidak, maka sangat bergantung pada pemeriksaan fisik dari abses itu sendiri. 

Demikian kami sampaikan informasi seputar abses pada anus, semoga informasi ini bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar