Sukses

Tanda-tanda Kehamilan

06 Aug 2017, 17:05 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi Dok Saya mau tanya tanggal tanggl 3 juli hari pertama haid terahir. Kemudian di tgl 1.2.3 agustus saya merasakan mual- mual dan di tggl 4 agustus perut saya merasa keram, itu pertanda apa ya dok..? Terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar tanda kehamila melalui fitur Tanya Dokter.

Tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah.

Bila Anda sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, hal ini belum bisa memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Silakan ulangi pemeriksaan testpack 1 minggu lagi bila haid belum tiba. Bila Anda hamil, kemungkinan besar hasil testpack ulang akan memberi hasil positif.

Bagaimana dengan siklus menstruasi anda selama ini? apakah pernah terlambat? Apakah anda melakukan hububgan seksual dalam 1 -2 bulan belakangan ini? Apakah anda menggunakan obat KB? Apabila iya, bisa saja keluhan anda disebabkan oleh kehamilan. Tetapi sekali lagi, untuk memastikannya, lakukan terlebih dahulu test pack. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar