Sukses

Anak 15 Bulan Belum Dapat Berdiri

06 Aug 2017, 16:43 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok anak sy berusia 15 bulan. Sudah bs duduk, berdiri saat berpegangan tp tidak lama, merayap, bilang mama papa. Yg mau sy tanyakan, kakinya sering gemetar -+20detik (Berhenti saat dia menggoyangkan kakinya) saat didudukkan dibangku, atau saat dibaringkan lalu lututnya di tekuk, sudah berlangsung -+3 bulan. Sudah sy priksakan ke alhi saraf lalu dirujuk ke dr.anak dan disuruh ct scan, tp sy ragu dok, apakah ini memang perlu, mengingat dampak radiasinya bagi anak seusia anak sy. Mohon penjelasannya Terima ksh

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar anak terlambat berdiri melalui fitur Tanya Dokter.

Pemeriksaan penunjang seperti CT-Scan atau MRI akan dipilih untuk dilakukan apabila pada pemeriksaan fisik terdapat kecurigaan adanya kelainan di otak seperti cerebral palsy. Berdasarkan guideline yang ada, pemeriksaan penunjang yang disarankan untuk dilakukan adalah MRI kepala, namun mungkin dokter anak yang memeriksa, memiliki pendapat tertentu. 

Jadi, pemeriksaan penunjang hanya dilakukan apabila dimulai dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik terdapat kecurigaan. Keadaan yang dapat menyebabkan anak anda belum dapat berdiri, bermacam- macam seperti : kelainan genetik (down syndrome, Becker muscular dystrophy, dll), cerebral palsy, Myotonic muscular dystrophy, dll. 

Tidak ada salahnya untuk meminta pendapat lain atau second opinion kepada dokter anak lainnya. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar anak terlambat berdiri, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar