Sukses

Nyeri Pinggang Kiri, Perut Kembung, Dan Sakit Kepala

06 Aug 2017, 12:04 WIB
Wanita, 16 tahun.

Assalamualaikum, dokter papa saya sakit di bagian pinggang sebelah kiri, perutnya kembung sampek susah buang angin, beliau merasa dingin dan badannya merasa pegal, kepalanya terasa berat. Kira² papa saya sakit apa ya dok??

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Pinggang Kiri dan Perut Kembung melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan nyeri pinggang kiri dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu kelainan otot, persarafan, ginjal. Kami membutuhkan beberapa informasi sebelum menegakkan diagnosis. Sejak kapan keluhan dirasakan? apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan BAK - buang air kecil (ada pasir, darah, sulit BAK, nyeri BAK, dll)? apakah durasi nyeri lama? bagaimana sifat nyeri (seperti ditusuk; sangat nyeri; berdenyut; dll); apakah nyeri menjalar ke bagian tubuh lain? Apakah ada gejala lain seperti nyeri pada kaki, kesemutan, kelemahan di salah satu kaki?

Nyeri pinggang kiri paling sering disebabkan oleh batu ginjal atau terjepitnya syaraf di punggung (HNP). HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik. Untuk memastikan ada batu ginjal/tidak perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan air kemih (urinalisis), USG, atau BNO-IVP.

Keluhan perut kembung atau perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang keluhan peningkatan asam lambung atau disebut sindrom dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya. Apabila ada gangguan dalam buang angin, dapat disebabkan gangguan pada pergerakan usus. Apakah ayah Anda dapat BAB ? 

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sangat sulit bagi kami untuk menjelaskan kondisi ayah Anda. Diperlukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk melakukan diagnosis yang akurat. Maka jika keluhan ayah Anda memang sangat mengganggu, kami sarankan ayah Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga Anda dan dokter dapat mengetahui penyebab keluhan Anda dan mendiskusikan penanganan yang paling tepat untuk Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar