Sukses

Efek Samping KB Suntik

06 Aug 2017, 10:59 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sya mau tanya ,sya dlu Kb suntik 3bln, tpi d daerah kemaluan sslu gatal dan bernanah selama kb, trs pas puasa kemarin sya gak kb sampe skrg, dan kemaluan saya tdak gatal dan bernanah lagi, apa itu akibat dari obat kb nya ya,, mohon saranya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya mengenai KB suntik

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh.

Efek samping KB suntik secara umum

peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Sedangkan, kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Sedangkan keluhan yang Anda sebutkan yaitu kemaluan bernanah bukan merupakan efek samping dari KB suntik. 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar