Sukses

Hasil Rontgen Cervical
05 Aug 2017, 23:44 WIB
Pria, 47 tahun.

Malam dokter... Saya mau bertanya mengenai hasil photo radiologi yang isinya seperti ini Kedudukan dan kelengkungan vertebra cervical baik, tidak tampak listesis. Tidak tampak fraktur, lesi litik/blastik, maupun destruksi. Densitas tulang baik. Pedikal intak Tampak formasi spur di anterior dan posterior korpus c6-c7. Celah diskus intervertebralis c6-7 menyempit. Celah sendi uncovertebrae tidak menyempit. Jaringan lunak paravertebra kesan tidak menebal. Kesan: spondilosis cervical dengan spondiloarthrosis c6-7, spur posterior di korpus c6-7. Saya laki2 usia 47 tahun Trimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Dari hasil foto rontgen leher Anda didapatkan spondilosis dengan spondilosis artrosis diantara tulang leher yang ke 6 dan ke 7. Selain itu juga dtemukan spur / pertumbuhan tulang dibagian belakang badan tulang leher yang ke 6 dan ke 7.

Cervical Spondilosis

Cervical Spondylosis merupakan sebuah istilah umum untuk keadaan robek atau ausnya bantalan tulang belakang di bagian leher. Bantalan tersebut dapat menjadi kering dan mengecil, dan menimbulkan gejala-gejala osteoarthritis (radang sendi tulang)

Keadaan ini sangat umum dan bertambah berat seiring dengan bertambahnya usia. Pengaruh keturunan atau genetik juga terlibat. Pada beberapa kasus, keadaan ini tidak menimbulakn gejala. Bila terdapat gejala, umumnya berupa nyeri dan kaku pada bagian leher.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah riwayat penggunaan leher yang berlebihan. Pekerjaan yang menuntut kita diam dalam posisi duduk menatap layar komputer selama berjam-jam juga merupakan beban tersendiri terhadap leher.

Untuk mengatasi keadaan ini, dapat diberikan obat serta terapi. Obat yang diberikan berupa pelemas otot, obat anti kejang, atau injeksi steroid. Fisioterapi dapat membantu meregangkan dan menguatkan otot leher serta bahu. Jika cara-cara konservatif ini tidak membantu, maka mungkin diperlukan tindakan operasi.

Spur

Spur dalam dunia medis disebut dengan osteofit yaitu merupakan pertumbuhan tulang yang terjadi karena kerusakan pada sendi. Osteofit biasanya memang ditemukan pada osteoartritis. Pertumbuhan osteofit merupakan pertanda bahwa tulang belakang pasien telah memasuki proses degenerasi.

Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas. Renang, bersepeda, dan jalan kaki dengan posisi yang benar dan tidak terlalu berat/intensif dapat membantu mengatasi keluhan nyeri yang seringkali ditimbulkan oleh osteofit, namun tidak dapat menyembuhkan.

Viopor merupakan obat yang memiliki bahan aktif glukosamin, kondroitin dan beberapa vitamin serta mineral. Pengobatan dengan glukosamin dan kondroitin ditujukan untuk mendukung proses perbaikan tulang rawan sehingga diharapkan dapat mengatasi proses pengrusakan tulang yang terjadi pada osteoartritis.

 

Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai keluhan Anda serta pilihan terapi yang diambil. Apakah memang diperlukan tindakan yang lebih agresif.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar