Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Seputar Penularan HIV

06 Aug 2017, 11:05 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok. saya pnya keluarga, orangnya itu homo (gay), tpi dia jga pnya istri, nah, istrinya itu adik saya. klo udah gtu dia bsa dsbut sdh trjngkit hiv aids atau gmna dok? terimakasih atas jwbnnya

Terima kasih telah bertanya mengenai penularan HIV menggunakan fitur Tanya Dokter.

Menjawab pertanyaan Anda, penularan HIV umumnya terjadi akibat beberapa hal: hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, penggunaan jarum suntik bergantian, penularan dari ibu ke anak (transmisi vertikal), dan sebagainya. Untuk meminimalisir risiko tertular dari pasangan, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah menghindari kontak langsung antara cairan tubuh (darah, air mani, lendir vagina, dsb.) dan bagian tubuh yang terekspos/luka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kontrasepsi metode barrier saat berhubungan seksual (kondom). Namun, hal ini tidak menghindari risiko penularan secara sepenuhnya. Selain itu, seseorang yang HIV+ namun rutin mengonsumsi pengobatan dan memiliki viral load yang rendah memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menularkan virus tersebut.

Untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan darah yang dilakukan bukan tes darah rutin seperti biasa namun untuk mendeteksi HIV Anda dapat melakukan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi. Masa ini disebut periode jendela (window period). Dalam masa seperti ini, bisa saja seseorang mendapatkan hasil tes negatif karena antibodinya belum terbentuk sehingga belum dapat dideteksi , tapi jika iya memang mengidap HIV sudah bisa menularkan virus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penularan HIV, semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar