Sukses

Perdarahan Setelah Keguguran

06 Aug 2017, 00:31 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok.. saya keguguran tgl 7juli di usia 11w, karena bakal janin sdh keluar sendiri, dokter hanya memberi obat peluruh (gastrul) Setelah 1minggu,darah yg keluar hanya flek coklat dan dokter menyatakan sdh bersih dan memberikan antibiotik(siclidon) utk 7hari.. Tgl 24juli keluar darah yg cukup banyak sampai sekarang, sdh 12hari, saya tdk merasakan nyeri, tp sering bak 8-10kali sehari, Apakah pendarahan tsb krna sisa keguguran atau haid? Dimohon jawabannya ya dok..

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran atau kuret, darah sudah tidak keluar lagi dan menstruasi berjalan normal. Apabila Anda minum obat untuk mengeluarkan janin dan janin keluar, variasi perdarahan dapat berlangsung beberapa hari bahkan sampai 2-3 minggu. Selama darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak berkurang atau makin banyak, maka sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut karena dikhawatirkan masih ada sisa janin didalam rahim sehingga memicu perdarahan yang lama.

Untuk memastikan bahwa kandungan sudah bersih dari sisa jaringan, maka diperlukan pemeriksaan USG baik USG Abdominal ataupun USG Transvaginal untuk melihat keadaan rahim dan ada atau tidaknya sisa jaringan. Untuk itu kami sarankan Anda mengkonsultasikan hal tersebut secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Jika perdarahan yang terjadi terus menerus dalam jumlah banyak tidak segera diatasi, dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan keselamatan penderita. Jika kadar hemoglobin sudah sangat rendah akibat perdarahan, maka diperlukan pertimbangan untuk pemberian transfusi darah. Kami tidak dapat memastikan apakah perdarahan yang anda alami adalah haid atau sisa janin. Untuk memastikannya anda harus memeriksakan diri secara langsung. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar