Sukses

Flek Saat Pasang IUD

06 Aug 2017, 00:36 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya baru melahirkan 3bulan lalu dan menyusui, nifas darah 40hari dan flek coklat ssmpai 60hari lebih. Ketika masuk sekitar hari ke 70, masih flek coklat muda bening, karena desakan orang tua khawatir saya hamil lagi, saya memutuskan untuk pasang KB spiral. Stelah pasang KB, keluar flek darah yang kata mbak bidan nya, itu masa adaptasi ke alat konteasepsinya, tp smpai 2 minggu masih flek coklat bening tadi, entah itu lanjutan dari nifas atau akibat spiral. Apakah flek sperti itu berbahaya? Itu flek akibat apa ya dok? Dan aman kah jika saya dan suami berhubungan seksual jika masih flek tersebut? Trimaksih dokter

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai flek IUD.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, penyesuaian siklus haid selama beberapa bulan pertama dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Keluarnya lendir seperti ingus yang Anda keluhkan sepertinya mengarah ke keputihan.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk evaluasi keluhan flek dan keputihan yang Anda alami. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB lain bila diperlukan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar