Sukses

Gusi Bengkak Sariawan dan Sakit Menelan

05 Aug 2017, 23:51 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya beberapa hari ini gusi bengkak,sariawan, bibir pecah2, juga sakit nelan dokter bagaimana kondisi saya sekarang

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bengkak, sariawan dan sakit menelan melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Pembengkakan pada gusi akan mengganggu seperti pada kondisi Anda dimana timbul rasa sakit pada saat menelan. Bengkak pada gusi ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan baik karena infeksi/ peradangan dari gigi atau karena masalah lainnya yang terkait dengan penyakit tertentu. Sedangkan sakit saat menelan bisa menandakan ada radang pada tenggorokan atau mulai menurunnya daya tahan tubuh. Untuk mengatasinya tentu saja perlu dicari tahu dahulu penyebabnya kemudian baru dapat ditetapkan terapi yang tepat. Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui seberapa besar pembengkakan, apakah disertai gejala atau gangguan lainnya, apakah terjadi perubahan warna dan perubahan struktur jaringan, apakah ada gigi yang berlubang disekitarnya dan mungkin saja diperlukan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan lab dan pemeriksaan x-ray, lalu kemudian baru dapat ditegakkan diagnosa dan penyebabnya.

Sedangkan sariawan atau Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak, sariawan dan sakit menelan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar