Sukses

Nyeri Dan Bengkak Setelah Cabut Gigi Bungsu

05 Aug 2017, 23:41 WIB
Pria, 28 tahun.

Malam tanya dokter, Saya habis cabut gigi bungsu D doktr gigi sdh 6 hr obat sdh habis, tetapi msh merasakan nyeri di bagian yg d cabut dan pipi agak bengkak, Apa mmng lama proses pnyembuhanya? sy mrskn sprti ada daging yg mnonjol d bekas gigi yg d cbt trsbt apa kah itu berbahaya? Apa kah sy boleh meminum obt preda nyeri yg d resepkan doktr trsbt (dexamethasone)?

Terimakasih telah bertanya seputar nyeri dan bengkak setelah cabut gigi bungsu melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan tentang Operasi pengangkatan molar tiga (yang dalam bahasa kedokteran disebut odontektomi). Setelah Odontektomi memang ada beberapa hal yang hampir pasti terjadi pada kebanyakan orang, seperti pembengkakan pada pipi, darah yang masih merembes setelah beberapa jam dan rasa sakit setelah efek obat bius telah hilang. Hal tersebut adalah sesuatu yang normal, dan pembengkakan pada pipi adalah bagian dari proses peradangan yang merupakan mekanisme tubuh pada proses pemulihan.

Namun selain itu, ada juga kemungkinan untuk terjadi komplikasi lain tapi belum tentu terjadi pada setiap pasien. Salah satunya adalah terjadinya cedera atau kerusakan syaraf, yang dapat terjadi saat penyuntikan obat bius atau pada saat pengangkatan gigi. Anatomi gigi yang tidak normal (seperti akar gigi yang menyebar atau melengkung) dan posisi gigi yang terbenam jauh didalam tulang juga dapat berpotensi menyebabkan terjadinya komplikasi ini.

Dalam waktu seminggu paska pencabutan proses peradangan masih terjadi, sehingga bengkak yang terjadi pada pipi dan sekitarnya mungkin masih menekan syaraf. Untuk membantu mempercepat pemulihan, Anda dapat mengkonsumsi vitamin neurotropik yang dapat Anda beli di apotik, gunakan sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Bila Anda masih merasa kurang nyaman, ada baiknya Anda kembali lagi ke dokter gigi yang melakukan pencabutan gigi Anda untuk berkonsultasi secara langsung dan bila ada kelainan dapat terdeteksi secara dini.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai nyeri dan bengkak setelah cabut gigi bungsu, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar