Sukses

Makan Tengah Malam

05 Aug 2017, 21:50 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, kalau shift malam saya pulang jam 01.30 pagi. Dan pulang kerja pasti merasa lapar. Sebagai jawabannya, saya makan nasi uduk, istirahat sebentar dan tidur. Apakah kebiasaan saya ini aman Dok? Mengingat saya ada riwayat penyakit maag. Tolong balasan nya terimakasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai maakan tengah malam melalui fitur Tanya Dokter

Pola makan yang baik untuk kasus maag adalah pola makan yang teratur disertai dengan menghindari makanan yang bisa meningkatkan asam lambung. Makan besar pada dini hari bisa jadi masalah, namun juga bisa tidak. Masalah muncul apabila Anda makan pada jam tersebut, dalam kondisi lelah, tidak selang berapa lama Anda tertidur. Pada saat baru saja makan terjadi peningkatan produksi asam lambung. Kondisi Anda yang tertidur mengakibatkan mudahnya asam lambung untuk mengalami aliran balik (refluks) ke tenggorokan, mulut, atau saluran napas. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Anda bisa mengkondisikan supaya Anda makan lebih awal, dengan mengatur jarak makan dengan makan besar sebelumnya. Bila Anda merasa lapar, maka Anda lebih baik memilih snack atau buah yang mengandung serat untuk dimakan pada waktu tersebut

Berikut tips pola makan untuk pasien maag

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda) dan makanan yang terlalu manis.
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi soda dan alkohol. Apabila Anda merokok, harap berhenti merokok.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.
  • 1-2 jam sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan besar
  • Anda bisa melakukan olahraga dalam bentuk apapun, yang penting jaga hidrasi Anda

Demikian informasi mengenai makan tengah malam kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar