Sukses

Penyebab Mata Kunang-Kunang Saat Berdiri

05 Aug 2017, 21:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

Asalamualaikum dok.. saya mau tanya apakah minum teh setelah makan nasi dapat menyebabkan anemia? Soalnya saya hanya membaca dr sumber yang belum jelas seperti itu. Sedangkan saya akhir2 ini sering mengalami mata kunang setelah duduk terus berdiri. Apakah ini disebabkan karena saya sering setelah makan minum teh? Terimakasih dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mata berkunang-kunang saat berdiri melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama, perlu kami tegaskan bahwa konsumsi teh tidak berhubungan dengan keluhan anda. Keluhan anda sepertinya disebabkan oleh tekanan darah yang turun akibat perubahan posisi. Keadaan ini disebut hipotensi ortostatik. Penurunan tekanan darah ini dipicu oleh perubahan posisi yang mendadak dan melibatkan gravitasi seperti bangun dari duduk atau tidur. 

Untuk mengatasinya, jangan terburu-buru untuk bangun, tunggu beberapa saat dulu ( terutama saat kaki tertekuk), minumlah air putih lebih banyak (minimal 1.5 L sampai 2 L sehari), tingkatkan konsumsi garam harian namun tidak melebihi 2- 3gram sehari.

Jika keluhan anda tidak teratasi, anda dapat konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dicari tahu apakah ada penyebab lain atau tidak.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mata berkunang-kunang saat berdiri, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar