Sukses

Memajukan Jadwal KB

05 Aug 2017, 21:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya jadwal kb tanggal 08/08/2017 dan kebetulan saya baru bres haid , saya biasa pake kb suntik yg 1 bulan apa boleh bila saya memajukan suntik kb saya mnjadi tanggal 04/08/2017 m

Terima kasih telah bertanya mengenai memajukan jadwal KB suntik melalui fitur Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memajukan jadwal KB suntik selama 7 hari seperti yang Anda tanyakan tidak masalah untuk dilakukan. Kemungkinan besar tidak ada efek samping yang terjadi saat memajukan jadwal KB , begitu pula dalam efektivitasnya menunda kehamilan, kehamilan tetap dapat tertunda dengan baik. Kerugiannya hanya Anda kehilangan 7 hari proteksi tambahan dari suntikan sebelumnya, namun bila memang memajukan jadwal KB tersebut sangat butuh untuk dilakukan, maka silahkan saja.

 

Sebelum memilih jenis kontrasepsi dari program KB (keluarga berencana), tentukan terlebih dahulu dari tujuan Anda menggunakan kontrasepsi dan waktu untuk mendapatkan kesuburan Anda kembali (dalam beberapa tahun). Pemilihan juga harus disesuaikan dengan usia pengguna. Metode kontrasepsi tersebut dapat digolongkan berdasarkan cara kerjanya yaitu dengan metode barrier (penghalang) sebagai contoh, kondom yang menghalangi sperma; metode mekanik seperti IUD; atau metode hormonal seperti pil dan suntik KB. Selain itu terdapat juga metode kontrasepsi alami yang tidak memakai alat-alat bantu maupun hormonal namun berdasarkan fisiologis seorang wanita dengan tujuan untuk mencegah fertilisasi (pembuahan), namun risiko terjadinya kehamilan akan lebih tinggi jika menggunakan metode kontrasepsi alami.

Biasanya kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

KB suntik dapat menyebabkan peningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, gangguan haid seperti bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Demikian informasi mengenai memajukan jadwal KB. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar