Sukses

Gusi Bengkak Dan Gigi Rusak Menghitam

05 Aug 2017, 19:10 WIB
Pria, 20 tahun.

gigi bagian depan saya mengalami sedikit kerusakan(berwarna hitam) dan itu menyebabkan gusi saya membengkak, tapi tidak menimbulkan rasa sakit. 1.bagaimana caranya agar gusi saya tidak bengkak lagi? 2.apakah gigi yang terdapat flek hitam dapat dibersihkan? karena hal itu menyebabkan saya merasa malu saat berbicara dengan orang lain.

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bengkak dan gigi rusak menghitam melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Gigi Anda yang berlubang menghitam masih dapat dirawat oleh dokter gigi. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan flek hitam dapat dihilangkan, lalu gigi ditambal sinar, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu. 

Sebaiknya gigi keropos atau gigi berlubang tidak dibiarkan lama tanpa perawatan, karena kerusakan dapat bertambah parah dan hal yang paling dikhawatirkan adalah dimana kerusakan pada gigi sudah tidak dapat diatasi lagi dengan perawatan dan gigi harus dicabut serta dapat menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan. Jadi pencabutan gigi akan dilakukan bilamana keadaan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga mulut dengan perawatan tertentu baik penambalan atau perawatan lainnya.

Sedangkan Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya. Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi namun ada juga penyebab lainnya seperti penyakit sistemik dan hormonal. Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang. Untuk mengatasi gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu penyebabnya dan untuk mengetahui penyebabnya tentu saja diperlukan bantuan dokter gigi lalu baru dapat dipastikan terapi yang diperlukan. Sebaiknya periksakan keadaan Anda segera ke dokter gigi agar diketahui pasti penyebab dari kelainan pada gusi serta dapat diberikan terapi yang sesuai.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak dan gigi rusak menghitam, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar