Sukses

Anti HAV

05 Aug 2017, 19:03 WIB
Pria, 21 tahun.

Hay dok , Saya rifky , saya ingin bertanya dok .. Saya pernah menderita hepatitis A 2 tahun lalu , setelah melakukam berbagai pengobatan fungsi hati saya sudah normal kembali hingga sekarang saya tidak pernah merasakan gejalanya .. Namun , 2 minggu lalu saat saya melakukan medical checkup untuk persyaratan saya bekerja di kapal tim medikal cek mengatakan hasil lab saya bermasalah di anti HAV yg masih reactive dan di sarankan konsultasindengan dokter spesialis penyakit dalam . setelah diperiksa dokter pun menyatakan saya sudah sembuh dan normal kembali liver saya sehat serta tidak perlu tindakan medis lain , anti HAV yg reactive adalah antibodi hepatitis saya. Namun tim medikal cek tetap menyatakan saya unfit to work .. Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan kapal pesiar terbesar dan memiliki standard ketat untuk itu dan terpaksa saya gagal berangkat. Pertanyaan saya adalah bagaimana mengatasi nya agar menjadi negatif dok? Karena saya akan melamar pekerjaan lain yg mengharuskan saya untuk medikal cek up lagi di Indonesia dan di negara yg saya tuju.. Saya takut jika harus gagal lagi. Terima kasih dok, Rifki Rafsanjani

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai Anti HAV melalui fitur Tanya Dokter. 

Anti-HAV adalah antibodi yang dibentuk tubuh sebagai mekanisme perlawanan terhadap HAV. Secara umum, anti-HAV dibedakan menjadi :

IgM-anti HAV - antibodi yang pertama kali terdeteksi dalam darah, sebagai tanda peradangan akut dan tidak terdeteksi lagi dalam darah setelah 3-6 bulan setelah infeksi HAV
IgG-anti HAV - antibodi yang terdeteksi setelah virus tertangani dan bisa bertahan selama bertahun-tahun. 

Kadar Anti-HAV mana yang terbilang reaktif di dalam darah Anda? IgG atau IgM? 

Jika kadar IgG Anti HAV yang reaktif maka hasilnya terbilang normal jika memang Anda sudah pernah terinfeksi hepatitis akan tetap ada di dalam darah Anda sebagai bentuk pertahanan di dalam tubuh Anda dan tidak sedang sakit saat ini, namun jika hasil IgM Anti HAV Anda yang raktif maka saat ini Anda sedang mengalami infeksi Hepatitis A atau memang Anda sudah dinyatakan sehat  tetapi kadar IgM anti HAV yang terdeteksi tetap akan positif hingga 6-12 bulan setelah terinfeksi Hepatitis A.  

Jika Anda ingin mengajukan lamaran pekerjaan, Anda bisa meminta resume dari penyakit Anda kepada dokter Spesialis Penyakit Dalam yang sebelumnya merawat Anda untuk diberikan kepada Perusahaan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Anti HAV. Semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar